Android

Pengertian ANDROID

Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk digunakan pada telepon pintar (SmartPhone) dan komputer tablet (Tablet PC). Android menyediakan platform terbuka (Open Source) bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam perangkat bergerak.


Sejarah ANDROID OS

Android pada mulanya adalah perusahaan kecil yang berbasis di Palo Alto, California. Perusahaan yang bernama Android, Inc ini berdiri pada tahun 2003 yang kemudian dibeli oleh pihak Google pada tahun 2005. Beberapa orang yang berperan sebagai pengembang awal Android pun ikut bekerja di Google, seperti Andy Rubin, pendiri Android, Inc & Danger (perusahaan perangkat lunak), kemudian ada Rich Miner wakil pendiri Wilfire Communications, Chris White insinyur di webtv, dan Nick Sears mantan VP di T-Mobile. 


Versi android

1. Android versi 1.1 (Dirilis pada 9 Maret 2009)  
Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search(pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

2. Android versi 1.5 (Cupcake, Dirilis pada Mei 2009)
Android versi ini dilengkapi dengan kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan mengunggah gambar ke Picasa langsung dari telepon.

3. Android versi 1.6 (Donut, Dirilis pada September 2009)
Android versi ini dilengkapi dengan fitur baterai indikator dan kontrol applet VPN, galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus, kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan, CDMA / EVDO, dan Text-to-speech engine,


4. Android versi 2.0/2.1 (Eclair, Dirilis pada 3 Desember 2009)
Android versi ini disempurnakan dengan pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

5. Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt, Dirilis pada 20 Mei 2010)
Android  versi ini melakukan Perubahan antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine, pemasangan aplikasi dalam SD Card, dan kemampuan WiFi Hotspot portabel

6. Android versi 2.3 (Gingerbread, Dirilis pada 6 Desember 2010)
Android  versi ini melakukan Perubahan antara lain  peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

7. Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb, Dirilis Mei 2011)
Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis

8. Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich, Dirilis 19 Oktober 2011)
Android  versi ini menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

9. Android versi 4.1 (Jelly Bean, Dirilis Tahun 2012)
Android  versi ini meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat.



Kelebihan ANDROID 
  1. Android menyediakan platform terbuka (Open Source) bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri
  2. User interfacenya mudah dikonfigurasi
  3. Terhubung ke berbagai sosial media

Kekurangan ANDROID
  1. Boros baterai pada perangkat yang dipasang Android OS
  2. Segala aktifitas dipantau oleh server google
  3. Lebih banyak pengeluaran karena selalu terhubung dengan internet

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar